Cart

Book Detail

Modul Pegangan Kader Kesehatan : Masalah Kesehatan Balita saat Bencana
by Dr. Suprajitno, S.Kp., M.Kes.

Quick Overview

 Bencana dapat disebabkan alam yang disebut bencana alam dan perbuatan manusia. Bencana mengakibatkan kesengsaraan manusia, dapat menyebabkan kebutuhan kesehatan tidak terpenuhi, dan trauma bagi individu yang mengalami. Kebutuhan kesehatan misalnya kebutuhan pelayanan kesehatan terganggu baca selengkapnya..

Quantity
  • Rp. 1 Rp. 1

 Bencana dapat disebabkan alam yang disebut bencana alam dan perbuatan manusia. Bencana mengakibatkan kesengsaraan manusia, dapat menyebabkan kebutuhan kesehatan tidak terpenuhi, dan trauma bagi individu yang mengalami. Kebutuhan kesehatan misalnya kebutuhan pelayanan kesehatan terganggu karena sarana dan akses menuju pelayanan kesehatan rusak, kebutuhan kesehatan individu yaitu kebutuhan nutrisi dan kebersihan diri terhambat persediaan, dan kebutuhan psikologis yaitu komunikasi terhambat.  Trauma terjadi karena proses kehilangan keluarga yang dicintai, terdapat luka yang tidak dapat di[ulihkan, atau kehilangan bagian tubuh.

Akibat bencana yang terjadi pada orang dewasa dapat segera diadaptasi. Orang dewasa cenderung memiliki kemapuan berpikir logis untuk segera melakukan kegiatan karena merasa bertanggungjawab terhadap keluarga. Orang yang mengalami masalah kesehatan fisik segera mendapat pertolongan dari tenaga kesehatan sampai diberikan tindakan di sarana pelayanan kesehatan yang telah disiapkan. Akibat bencana yang perlu diperhatikan semua pihak yaitu anak balita.

Anak balita yang selamat cenderung bersama ibunya dan tinggal dalam barak pengungsian. Pemenuhan kebutuhan balita sangat tergantung pada persediaan bahan makanan di barak, sedangkan bahan makanan selalu ditujukan bagi orang dewasa. Apapun keadaan anak balita harus menjadi sasaran pelayanan selama dan paska bencana karena sebagai generus penerus yang perlu dipelihara status kesehatan, dihindarkan masalah trauma, dan diberikan stimulasi tumbuh kembang yang baik.

Tenaga kesehatan selama dan paska bencana memiliki kesibukan tinggi, kadang tidak memiliki perhatian pada anak balita. Tetapi, seseorang yang selalu berada dan dekat masyarakat dan memahami kesehatan adalah seorang kader kesehatan. Kader kesehatan memiliki peran strategis untuk menjaga kesehatan anak balita melalui kegiatan skreening kesehatan dimana anak balita tinggal selama dan paska bencana.

Modul Pegangan Kader Kesehatan sebagai pedoman untuk :

  1. Memahami kesehatan anak balita selama dan oaska bencana.
  2. Melakukan pemeriksaan kesehatan anak balita selama dan paska bencana.
  3. Memberikan pertolongan kesehatan anak balita sesuai kemampuan yang dimiliki kader selama dan paska bencana.
  4. Melakukan upaya kesehatan lanjutan bagi anak balita selama dan paska bencana.

Detail Book

: MNC
: 9786026931849
: 100 Gram
: 14 x 21 cm
: Soft Cover
: Full Colour
: HVS
: 42 pages