Cart

Book Detail

Hukum Persaingan Usaha
by Dr. Johnny Ibrahim, S.H., M.Hum

Quick Overview

Hukum persaingan usaha meupakan pranata yang baru dalam pengaturan hukum ekonomi di Indonesia, yaitu baru dimulai sejak diundangkan UU No. 5 Tahun 1999 dengan judul larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat pada tanggal 5 Maret 1999. Konsekuensinya adalah diperlukan pemahaman yang baca selengkapnya..

Quantity
  • Rp. 1 Rp. 1

Hukum persaingan usaha meupakan pranata yang baru dalam pengaturan hukum ekonomi di Indonesia, yaitu baru dimulai sejak diundangkan UU No. 5 Tahun 1999 dengan judul larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat pada tanggal 5 Maret 1999. Konsekuensinya adalah diperlukan pemahaman yang komprehensif terhadap implikasi pemberlakuan undang-undang persaingan usaha di Indonesia. Dalam konteks persaingan global ( mega competition) muncul istilah-istilah baku seperti restraint of trade, barrier to entry, relevant market, price fixing, horizontal restraint, vertical restraint, resale price maintenace, tie-in tacit collusion, interlocking directorate dan lain-lain. Istilah yang memiliki makna berhubungan dengan praktik usaha tidak sehat ( unfair business pratices) dilarang dalam UU No. 5 Tahun 1999.

Berkaitan dengan Hukum persaingan usaha di Indonesia buku ini berusaha menampilkan gambaran dari aspek filosofis dan teoretis serta implikasi pemberlakuan aturan tersebut dalam penyelenggaraan bisnis sehari-hari. Dengan pemahaman ilmiah dari sisi akademis terhadap norma-norma hukum persaingan usaha diharapkan akan memberikan umpan balik bagi penyempurnaan aturan tersebut pada masa yang akan datang dalam upaya menciptakan iklim persaingan yang sehat (fair competition). Sementara itu, dari segi praktis buku ini diharapkan dapat memberikan tuntunan bagi para pelaku usaha untuk merancang langkah-langkah bisnis apa saja yang dapat ditempuh (safe harbour) yang tidak bersifat antipersaingan dan tidak bertentangan dengan aturan hukum sebagai level playing field dalam berusaha sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang dan membiasakan diri bersaing secara sehat.

Buku ini sangat cocok untuk mahasiswa fakultas hukum, praktisi hukum, dan praktisi bisnis.

Detail Book

: Bayumedia Publishing
: 979-3695-68-4
: 100gram
: 15.5x23cm
: Soft Cover
: White Black
: HVS
: 364 pages