Cart

Book Detail

Pengelolaan Sungai Berbasis Masyarakat ; Belajar dari Kawasan Sungai Kuin Banjarmasin
by Parida Angriani, M.Pd, dkk

Quick Overview

Sungai Kuin merupakan salah satu sungai yang ada di Kota Banjarmasin. Sungai ini juga memerlukan perhatian yang sama seperti Sungai Martapura ataupun Sungai Barito dalam pengelolaannya. Semakin menurunnya fungsi Sungai Kuin akibat besarnya tekanan kawasan (penduduk) terhadap lingkungan sungai dan baca selengkapnya..

Quantity
  • Rp. 0

Sungai Kuin merupakan salah satu sungai yang ada di Kota Banjarmasin. Sungai ini juga memerlukan perhatian yang sama seperti Sungai Martapura ataupun Sungai Barito dalam pengelolaannya. Semakin menurunnya fungsi Sungai Kuin akibat besarnya tekanan kawasan (penduduk) terhadap lingkungan sungai dan belum adanya koordinasi serta kerjasama antar pihak yang berkepentingan menyebabkan pengelolaan Sungai Kuin belum terlaksana dengan baik. Di samping itu, peran masyarakat menjadi salah satu isu penting dalam pengelolaan sungai. Dalam buku ini, kami ingin memaparkan hasil penelitian kami tentang pentingnya peran masyarakat dalam pengelolaan Sungai Kuin. Buku ini juga menampilkan desain model pengelolaan sungai berbasis masyarakat.
Buku ini disusun untuk memberi wawasan bahwa dalam pengelolaan sungai, masing-masing wilayah memiliki karakteristik tertentu dilihat dari aspek fisik, manusia dan sosial budayanya. Sehingga untuk mengelola suatu kawasan sungai harus benar-benar memperhatikan pelestarian lingkungan sungai dan berbasis pada masyarakat setempat.

Detail Book

: MNC Publishing
: 978-602-462-231-2
: 250
: 15.5x23 cm
: Soft Cover
: Full Colour
: HVS
: 202 pages