Cart

Book Detail

LEGUMINOSA POHON PAKAN POTENSIONAL MITIGASI METAN PADA TERNAK RUMINANSIA
by Aryanto, S.Pt., M.Sc. Prof. Dr. Ir. Siti Chuzaemi,

Quick Overview

Keinginan mengangkat topik tersebut dalam bentuk tulisan buku sudah dicita-citakan sejak lama. Ini merupakan salah satu wujud keprihatinan terhadap isu lingkungan khususnya pemanasan global dimana ternak ruminansia dalam masalah pemanasan global dianggap sebagai penyumbang gas metan terbesar. baca selengkapnya..

Quantity
  • Rp. 0

Keinginan mengangkat topik tersebut dalam bentuk tulisan buku sudah dicita-citakan sejak lama. Ini merupakan salah satu wujud keprihatinan terhadap isu lingkungan khususnya pemanasan global dimana ternak ruminansia dalam masalah pemanasan global dianggap sebagai penyumbang gas metan terbesar. Anggapan tersebut perlu dijadikan pemicu untuk terus menggeliatkan pengetahuan dalam ilmu peternakan, termasuk dalam mengklarifikasi dan mereduksi kebenaran isu tersebut. Salah satu bentuknya adalah dengan memberikan informasi dalam bentuk buku tentang potensi leguminosa pohon untuk menekan produksi gas metan yang dihasilkan ternak ruminansia.

Disadari bahwa mitigasi metan global sulit dilakukan secara komprehensip. Kegiatan mitigasi dapat dimulai dari latar belakang keilmuan masing-masing. Bidang ilmu Nutrisi dan Pakan ternak sudah banyak melakukan kajian-kajian mendalam terkait kegiatan mitigasi metan. Buku ini membahas isu seputar Global Warming, hubungan pencernaan ruminansia dan gas metan, jenis leguminosa potensial mitigasi metan, strategi pengembangan leguminosa pohon, mekanisme leguminosa menekan gas metan dalam sistim pencernaan ternak ruminansia, budidaya leguminosa pohon, serta produksi hijauan leguminosa pohon dan perannya dalam berbagai aktivitas kehidupan.

Penulisan buku ini ditunjang dengan beberapa literatur yang bersesuaian dengan topik bahasan. Masing-masing sumber bacaan dinyatakan dalam tulisan dan dicantumkan pada daftar pustaka.  Disadari bahwa dalam buku ini masih banyak aspek yang belum dibahas disebabkan keterbatasan kemampuan dan pengetahuan penulis. Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat tentunya juga telah banyak mengalami perubahan ke arah yang semakin positif tetapi belum terekam dalam pengetahuan penulis. Oleh karenanya saran dan kritik sebagai pelengkap dari substansi buku ini akan sangat dihargai. Akhir kata, semoga buku ini bermanfaat.

 

Detail Book

: MEDIA NUSA CREATIVE
: 978-602-462-406-4
: 200
: 15,5 X 23 cm
: Soft Cover
: Hitam Putih
: HVS
: 118 pages