Cart

Book Detail

WANWACARITA Kesejarahan Desa-desa Kuno di Kota Malang
by Dr.Dwi Purnomo,M.Pd.

Quick Overview

    Sesuai nama institusi, yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, salah satu cakupan tugas dari lembaga ini adalah dalam bidang kebudayaan di tingkat daerah (kota atau kabupaten). Untuk Kota Malang, kebudayaan yang dimaksud adalah seluruh anasir budaya yang ada, atau yang pernah baca selengkapnya..

Quantity
  • Rp. 0

    Sesuai nama institusi, yakni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, salah satu cakupan tugas dari lembaga ini adalah dalam bidang kebudayaan di tingkat daerah (kota atau kabupaten). Untuk Kota Malang, kebudayaan yang dimaksud adalah seluruh anasir budaya yang ada, atau yang pernah ada di Kota Malang. Terhadap anasir budaya itu dilakukan upaya 3 in 1: (a) pelestarian, (b) pembinaan dan pengembangan, serta (c) pendayagunaan. Ada beragam jenis dan bentuk upaya pelestarian budaya. Salah satu diantaranya lewat dokumentasi dan historiografi. Dokumentasi adalah perekaman anasir budaya terhadap jejaknya yang tertinggal. Bagi kita, manusia yang hidup di masa sekarang, yang mampu didapatkan hanyalah jejak masa lalu yang tertinggal, atau informasi masa lampau yang tersisa.

Untuk anasir budaya masa lalu, jejak tertinggal tersebut bisa berjenis (1) tekstual, (2) artefaktual, (3) ekofaktual, ataupun (4) oral. Pendokumentasian jejak budaya masa lalu mustinya dilakukan secara periodik, dengan pertimbangan apa yang pernah direkam (didokumentasikan) terdahulu sangat boleh jadi telah mengalami sejumlah perubahan pada waktu berikutnya, yang ditandai oleh penambahan, pengurangan, alih lokasi keberadaan, penurunan kualitas, dsb. Dalam hubungan itu, muncul sebutan ”redokumentasi”, yakni perekaman ulang terhadap jejak-jejak budaya masa lalu sesuai dengan kondisi aktualnya. Redokumentasi adalah kegiatan penting untuk dilakukan secara periodik di daerah yang laju pembangunan beserta dampak perubahannya berlangsung cepat seperti terjadi di Kota Malang, agar kita tidak terlambat berbuat untuk pelestarian karena kalah laju dengan pembangunan kota.

Detail Book

: Bayumedia Publishing
: 978-602-2840-21-3
: 150 gram
: 14,7 x 21
: Soft Cover
: Black White
: HVS
: 160 pages