Cart

Book Detail

Antologi Puisi Denyut Nadi
by Tristin Ruruh Ardaningsih

Quick Overview

Makna yang diantarkan oleh puisi terlepas dari keberhasilan puisi itu dari aspek kebahasaannya tidaklah sama seperti makna yang diantarkan oleh berita koran mingguan. Karena di dalamnya terdapat gaya bahasa yang khas, sehingga dimungkinkan bermakna ambigu. Mungkin saja yang dikatakan baca selengkapnya..

Quantity
  • Rp. 45,000

Makna yang diantarkan oleh puisi terlepas dari keberhasilan puisi itu dari aspek kebahasaannya tidaklah sama seperti makna yang diantarkan oleh berita koran mingguan. Karena di dalamnya terdapat gaya bahasa yang khas, sehingga dimungkinkan bermakna ambigu. Mungkin saja yang dikatakan “ini” yang dimaksud “itu”. Bisa saja yang dikatakan kaki yang dimaksud kepala. Pada persoalan yang seperti ini banyak pembaca yang kesulitan memahami makna puisi, lalu menganggap puisi terlalu rumit untuk didekati, tapi selama penyair mampu menjaga struktur gramatikal kata dan kalimat dengan pengurutan ide yang masih dapat dinalar serta mampu menjaga porsi penggunaan kiasan dan perbandingan, puisi tidak sungguh-sungguh sulit untuk dimaknai. 

Sebagian besar karya dalam buku ini, dengan gaya yang cukup beragam, tidak melakukan eksperimen kebahasaan yang 

 

berlebihan sebagaimana puisi yang banyak sekali melakukan penyimpangan bahasa. Syair di sini masih berada di wilayah konvensional, sehingga makna yang disampaikan dapat dijejak tanpa kesulitan yang berarti. Dengan demikian syair telah berhasil menciptakan bahasa yang komunikatif. Tentu saja tidak sekomunikatif iklan di televisi. Memang pada sebagian puisi terdapat kebiasan lantaran imaji-imaji abstrak yang dominan, tapi maknanya masih dapat dijejak dengan rekonstruksi semantis. Hal lain, tidaklah boleh melupakan bahwa bahasa sebagai sebuah sistem yang arbitrer, bukan absolut. Ianya tidak selalu perlu dituntut sempurna, sebagaimana gading yang tampak cantik karena retakannya, bahasa puisi pun demikian. 

Detail Book

: MNC Publishing
: 978-602-462-694-5
: 200 gram
: 14,8x21 cm
: Soft Cover
: Black White
: Bookpaper
: 92 pages